Cara Mengeluarkan Dahak Bayi Secara Alami


Cara Mengeluarkan Dahak Bayi Secara Alami  Bila si kecil batuk dan pilek akan susah bernafas akibat hidang tersumbat, tidurnya pun tidak akan nyenyak. Sehingga si kecil menjadi rewel dan susah untuk makan, bila si kecil rewel bunda tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasanya, seperti memasak, beberes rumah dan yang lainnya, karena si kecil butuh perhatian lebih dari biasanya.


Bila terjadi pada anak yang agak besar mungkin bunda masih bisa memintanya untuk mengeluarkan lendir(ingus atau dahak) yang menghambat pernapasan dan tenggorokannya agar sedikit lebih lega. Tapi bila yang terkena batuk pilek itu bayi yang baru lahir, bagaimana mungkin bunda memintanya untuk membuang sendiri ingus atau dahaknya?


Cara Mengeluarkan Dahak Bayi Secara Alami

Ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan bila si kecil batuk dan pilek sehingga mengganggu pernafasan si kecil, di antaranya :
  • Bunda  bisa mengoleskan minyak telon atau balsem khusus bayi pada dada dan punggung bayi agar tubuh bayi hangat dan dapat mengencerkan lendir dan dahak. 
  • Perhatikan posisi tidur si kecil, ketika si kecil batuk dan pilek usahakan posisi tidurnya bagian kepala agak tinggi agar lendir mudah turun kemulut, bisa juga dengan posisi tidur tengkurap, karena dengan tidur tengkurap akan lebih mudah bernapas bagi si kecil.
  • Berikan ASI lebih sering dari biasanya, selain karena asi dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil juga dapat mengencerkan dahak agar tidak terlalu kental.

Untuk mengeluarkan dahak dari mulut si kecil bunda bisa melakukan hal hal berikut :
  1. Geprek beberapa siung bawang putih
  2. Masukkan bawang putih yang sudah di geprek tadi kedalam semangkok air panas yang masih beruap.
  3. Baringkan si kecil menghadap mangkok yang beruap tadi, posisikan tengkurap.
  4. Serkup/bungkus kepala si kecil dengan kain lampin agar uap tidak terbebas dan dingin dengan cepat, dan si kecil dapat menghirup uap bawang putih sepenuhnya.
  5. Hati hati dan pastikan tangan si kecil tidak menggapai mangkok.
  6. Tepuk bagian belakang si kecil sebelah kiri dan kanan dengan tangan berbentuk "cupping" agar melonggarkan dahak di paru paru.
  7. Jangan tepuk bagian tulang belakang si kecil.
  8. Jangan panik bila si kecil menangis dengan kuat, itu malah bagus karena paru paru akan mengembang dan akan memudahkan dahak untuk keluar.
  9. Lakukan 10-15 menit, 2-3 kali sehari sampai lendir atau dahak berkurang.
Semoga bisa membantu  para bunda di rumah sebelum membawa si buah hati ke dokter atau rumah sakit. kalau sekiranya sakitnya lebih serius lagi bunda bisa langsung membawa si buah ke dokter atau rumah sakit terdekat. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengeluarkan Dahak Bayi Secara Alami "

Posting Komentar